Sabtu, 25 Desember 2010

Melihat dari dekat suramadu

        Jembatan suramadu adalah jembatan yang menyatukan Kota Surabaya dan Pulau Madura.Jembatan yang telah menghabiskan dana sebesar Rp 5 Triliun ini adalah jembatan terpanjang yang ada di Asia Tenggara.Pembangunan jembatan ini sempat tersendat karena kekurangan biaya pada september 2008.Pemerintah Provinsi Jawa Timur akhirnya menalangi dana pembangunan melalui Bank Jatim sebesar Rp 50 miliar sebelum dana pinjaman dari Bank Exim of China sebesar 68,9 juta dollar AS cair.Jembatan antar pulau yang pertama kali diusulkan pada tahun 1960-an oleh Prof. Dr. Sedatmo (alm) ,sebuah ide mengenai hubungan langsung antara pulau Sumatra dan Jawa.Sebuah ide dan terobosan 'berani' di zaman itu.Ide itu ternyata mendapat respon.Sebagai tindak lanjut,tahun 1965 dibuatlah uji coba desain Jembatan Selat Sunda,Sumatera - Jawa yang dibuat di Institute Teknologi Bandung .Gagasan dan konsep - konsep pengembangan jembatan antar pulau selanjutnya disampaikanlah kepada Presiden RI Soeharto awal Juni 1986.
        14 Desember 1990 Proyek Pembangunan Jembatan Surabaya-Madura dan Pengembangan Kawasan dikukuhkan sebagai proyek nasional melalui penerbitan Keputusan Presiden Nomor 55 Tahun 1990 tentang Proyek Pembangunan Jembatan Surabaya-Madura yang sekaligus memutuskan untuk membentuk tim.Manfaat langsung dari Jembatan Suramadu adalah meningkatnya kelancaran arus lalu lintas atau angkutan barang dan orang. Dengan semakin lancarnya arus lalu lintas berarti menghemat waktu dan biaya. Manfaat selanjutnya adalah merangsang tumbuhnya aktivitas perekonomian. Manfaat langsung lainnya yang dapat diperhitungkan adalah nilai penerimaan dari tarif tol yang diberlakukan. Transportasi barang dan orang yang semakin meningkat, akan meningkatkan penerimaan dari tarif tol.
            Jembatan Suramadu sangat indah pada saat anda melewatinya pada malam hari ,karena akan muncul lampu-lampu yang berwarna-warni.Dan tidak kalah bagusnya pada saat sore hari,anda bisa melihat sunset yang cukup indah.Dibawah jembatan ini juga ada pemandangan yang indah.
        Dan pada saat pergantian siang hari ke malam hari lampu-lampu di atas jembatan Suramadu sangatlah Indah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar